Kelebihan dan Kekurangan Vivo V9

Vivo V9 hadir dengan Kamera Ai Selfie 24 MP

Bukan rahasia lagi, Vivo baru-baru ini kembali merilis smartphone selfie terbarunya di Indonesia. Adalah Vivo V9 yang diluncurkan dalam sebuah acara bertabur bintang (artis-artis muda) yang di gelar di Candi Borobudur.

Selain menggandeng artis-asrtis muda, peluncuran bertajuk “Vivo V9 Gloabal Launch at Borobudur” juga diketahui disiarkan langsung melalui 12 Satsiun TV Nasioanal pada tanggal 29 Maret 2018.

Dengan berani mempertontonkan hingga di 12 Satsiun TV Nasioanal, hal ini juga sekaligus mengindikasikan bahwa Vivo V9 dibuat tidak main-main. Artinya, ponsel pintar ini hadir membawa sejumlah keunggulan yang siap memanjakan penggunanya.

Namun begitu, meski membawa sejumlah keunggulan, harus di akui bahwa Vivo V9 tetap memiliki kekurangan.

Lantas, seperti apa keunggulan atau kelebihan dan kekurangan (kelemahan) Vivo V9? berikut review singkatnya.

Spesifikasi Vivo V9

  • Desain dan Fotografi

Vivo V9 memiliki tampilan depan cukup menawan dan trendi. Smartphone ini hadir dengan konsep desain FullView Display (layar penuh) berukuran 6,3 inci dengan resolusi FHD+. Layar ini dibangun dengan bezel tipis di tiap sisinya dengan rasio layar-ke-bodi mencapai 90 persen.

Pada bagian tepi atas layar terdapat takik (poni) yang tersemat kamera selfie 24 MP dengan aperture f/2,0.

Kamera selfie ini telah dilengkapi teknologi (fitur) AI Face Beauty. Tak sekedar pelengkap, teknologi ini membuat kamera selfie memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya sanggup mengidentifikasi usia, jenis kelamin, warna tekstur kulit, tekstur wajah pengguna, dan juga lingkungan pencahayaan di sekitarnya.

AI Face Beauty juga dapat mempelajari pengaturan yang telah disesuaikan dan mengaplikasikan pengaturan tersebut secara otomatis setiap kali Anda melakukan pengambilan foto. AI Face Beauty seperti make-up artist yang professional, membuat Anda tampil natural di setiap foto.

Kamera selfie V9 juga dilengkapi fitur lain yang cukup menarik, yakni Fitur AI Selfie Lighting yang memungkinkan penggunanya menghasilkan foto selfie yang artistik kapanpun dan dimanapun tanpa ribet. Dengan teknologi AI Selfie Lighting , V9 dapat mengubah foto biasa (2D) menjadi model 3D yang bertujuan untuk memproses cahaya menjadi terlihat otentik dan artistik.

Ada pula fitur AI Face Access (Face Unlock / Face Recognition) untuk membuka kunci. Dengan teknologi AI Face Access, V9 akan memindai karakteristik wajah pengguna pada saat diaktifkan, lalu membuka ponsel secara seketika. Fitur ini mendeteksi pantulan cahaya pada wajah dan gerakan wajah, untuk mencegah pembukaan ponsel dengan foto atau video.

Selain itu, kamera selfie ini juga dilengkapi AI AR Sticker yang memungkinkan penggunanya menempelkan beragam stiker ke dalam foto, sehingga foto terlihat lebih menarik dan bergaya. Penggunaannya cukup mudah, hanya dengan beberapa sentuhan.

 

Vivo V9 Pilihan Warna Black dan Gold

Pilihan Warna Black dan Gold

Untuk desain belakang, perangkat juga terlihat cukup menawan. Bagian belakang terdapat sensor fingerprint serta dual-camera terdiri dari 13 MP + 2 MP. Kamera ganda ini juga dilengkapi teknologi AI, yakni AI Bokeh dan AI HDR.

Modul kamera ganda sedikit menonjol, namun Vivo menambahkan ring logam di sekelilingnya, agar lensa tidak tergores.

  • Kinerja

Vivo V9 hadir dengan chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 450 yang mengemas prosesor octa-core 1,8 GHz dan pengolah grafis Adreno 506. Meski masuk kategori kelas menengah bawah, namun chipset yang dibangun dengan proses pabrikasi 14nm ini memiliki performa cukup baik dan cukup hemat daya.

Guna menunjang kinerja chipset, Vivo memebekali V9 dengan RAM sebesar 4 GB dan dukungan memori internal cukup longgar, berkapasitas 64 GB.

  • Sistem, Sumber Daya, dll

Pada sektor sistem, perangkat mengemas antarmuka (UI) Funtouch OS 4.0 berbasis Android V8.1 Oreo. Untuk dukungan sumber daya, ditangani baterai berkapasitas 3,260mAh.

Untuk fitur lainnya, perangkat dibekali dula-SIM, 4G LTE, Wifi, Bluetooth, GPS, serta port microUSB 2.0 untuk mengisi daya.

Temukan juga : Spesifikasi Lengkap Vivo V9

  • Harga Vivo V9

Dengan spesifikasi yang diusung, vivo V9 dibanderol harga Rp 3,999.000

Keunggulan dan Kelemahan Vivo V9

Jelas, Vivo V9 punya keunggulan dalam hal foto selfie. Namun dengan harga Rp 3,9 jutaan, chipset Snapdragon 450 dirasa kurang sesuai. Ini menjadi kelemahan tersendiri, terlebih lagi bila mengingat Xiaomi Redmi 5 yang mengusung chipset yang sama namun dibanderol harga di bawah Rp 2 jutaan.

Memang, Redmi 5 memiliki kamera selfie lebih rendah, begitu juga dengan kamera belakangnya. Namun, selisih harganya terlalu banyak, separuhnya.

Sebenarnya di pasar lain, sebut saja India, Vivo V9 mengadopsi chipset lebih baik, yakni Snapdragon 626. Jadi, chipset inilah salah satu kekurangan yang paling menonjol dari Vivo V9 di Indonesia.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *