Cara Merawat Baterai Non-Removable Smartphone

Baterai Tanam atau Non-Removable Smartphone Xiaomi Redmi 5A

Cara Merawat Baterai Non-Removable Smartphone — Seiring pesatnya pertumbuhan teknologi, semakin banyak pula inovasi desain pada smartphone, salah satunya adalah desain unibody atau desain smartphone dengan baterai non-removable (baterai yang tak bisa dilepas). Karena biaya ganti baterai non removable tidak murah dan tidak mudah, sebagai pengguna tentu saja perlu memiliki trik-trik khusus atau cara merawat baterai Non-Removable smartphone yang baik dan benar agar baterai tetap awet alias tahan lama.

Meski cara merawat baterai smartphone unibody memerlukan cara-cara khusus agar baterai tetap awet, namun ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

Jika Anda bingung bagaimana cara merawat baterai smartphone dengan baterai yang tak bisa dilepas, berikut ini ada sejumlah tips yang bisa dilakukan.

1. Batasi penggunaan

Hal pertama yang perlu dilakukan guna membantu menghemat daya baterai adalah membatasi penggunaan smartphone, terutama untuk menjalankan aplikasi berat, game misalnya.

Karena, aplikasi berat akan membuat smartphone bekerja lebih keras yang secara langsung akan memengaruhi daya baterai smartphone. Terlebih lagi, menjalankan sekaligus mengisi daya baterai secara bersamaan.

2. Perhatikan pengisian daya baterai

Selain itu, jangan terlalu sering mengisi daya baterai setiap hari. Usahakan satu hari, satu kali mengisi daya.
Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah tidak terlalu sering mengisi daya baterai setiap hari. Namun, jika baterai smartphone tidak memungkinkan menyuplai daya seharian, maka yang perlu dilakukan adalah menjadwal pengisian daya baterai. Saat sisa daya baterai 20 persen, misalnya.

3. Nonaktifkan fitur yang tidak digunakan

Sebuah smartphone saat ini telah dilengkapi beragam fitur seperti Wifi, Bluetooth, GPS dan juga fitur lainnya. Namun, membiarkan semua fitur tetap aktif, hal ini tentu membuat smartphone bekerja secara terus-menerus yang berakibat pada menurunnya daya tahan baterai.

Itu sebabnya, sebaiknya matikan semua fitur dan aktifkan hanya pada saat sedang dibutuhkan saja.

4. Pakai aplikasi pihak ketiga

Selain dengan cara manual, merawat smartphone dengan baterai non-removable (smartphone unibody) juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi Battery Callibration.

Namun perlu diperhatikan, sebaiknya pilih penyedia aplikasi yang dapat dipercaya dan memliki rating yang bagus. Karena, aplikasi seperti ini juga ada yang menipu, lelucon (prank) dan juga memang benar-benar bisa membantu dalam menghemat daya baterai.

Itulah beberapa tips merawat smartphone dengan baterai Non Removable yang bisa Anda coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *