Sangat Ampuh, Inilah Cara yang Perlu Dilakukan Saat MicroSD Rusak

Sangat Ampuh, Inilah Cara yang Perlu Dilakukan Saat MicroSD Rusak

Cara yang Perlu Dilakukan Saat MicroSD Rusak — Memori microSD kini menjadi barang yang cukup penting, terlebih lagi jika kapasitas penyimpanan internal smartphone Anda terbilang minim.

Ya, dengan memasang microSD pada smartphone, dapat dipastikan smartphone Anda akan memiliki penyimpanan tambahan sesuai dengan kapasitas memori microSD yang dipasang.

Tentu saja, tambahan penyimpanan dari microSD hanya terjadi jika microSD dalam kondisi normal, dengan kata lain tidak rusak. Lain halnya dengan microSD yang rusak, bukan hanya penyimpanan tambahan yang tidak didapat, namun juga bisa mengganggu kinerja smartphone, lag atau hang misalnya.

Berkaitan dengan memori microSD rusak, jangan panik apalagi menangis. Perlu diketahui, memori microSD rusak bukan berarti tidak bisa diperbaiki dan digunakan lagi.

Ada beberapa trik atau cara yang perlu dilakukan saat microSD rusak. Salah satunya adalah dengan memperbaiki agar bisa digunakan kembali.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki memori microSD yang rusak? Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara yang Perlu Dilakukan Saat MicroSD Rusak : Perbaikan

Bersihkan MicroSD

Cara pertama yang perlu dilakukan ketika memori microSD rusak adalah membersihkannya, tentu saja dengan mengeluarkannya terlebih dahulu dari perangkat atau gadget Anda.

Untuk cara membersihkannya, gosok lempengan tembaga yang berwarna kuning dengan penghapus pensil. Pastikan menggosoknya searah dengan barisan lempengan tembaga microSD.

Cara Mudah Memperbaiki Memori MicroSD Rusak
Cara Mudah Memperbaiki Memori MicroSD Rusak

Jika sudah bersih, masukan kembali microSD kedalam perangkat, cek apakah sudah berfungsi kembali.

Format microSD

Memformat microSD mungkin menjadi masalah manakala didalamnya tersimpan file penting, namun inilah opsi yang diperlukan ketika sudah dibersihkan tetap tidak berfungsi.

Untuk cara memformat melalui smartphone, silahkan menuju menu Setting > Storage (Pengaturan > Penyimpanan).

Kemudian pilih Erase SD Card (Hapus kartu SD), proses selanjutnya akan memformat microSD.

Cek microSD melalui PC/Laptop

Caranya, hubungkan smartphone ke PC atau Laptop menggunakan kabel data. Pada smartphone pilih mode Mass Storage Mode (MSC).

Selanjutnya, di PC atau Laptop, buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive microSD, pilih Properties > Tools > Error Checking, kemudian tunggu proses hingga selesai.

Perlu dicatat, tidak semua smartphone memiliki Mass Storage Mode (MSC).

Format melalui PC/Laptop

Untuk format microSD melalui PC atau Laptop caranya klik kanan Drive microSD lalu pilih Format. Pada bagian File System pilih FAT atau FAT32, pada Format Option biasanya akan otomatis tercentang “Quick Format”, biarkan saja kemudian klik Star.

Cara Mudah Memperbaiki Memori MicroSD Rusak dengan Format di PC atau Laptop
Cara Mudah Memperbaiki Memori MicroSD Rusak dengan Format di PC atau Laptop

Jangan buru-buru eject microSD, ulangi format microSD tanpa centang Quick Format”. Proses opsi ini biasanya berjalan lebih lama, tunggu saja hingga selesai.

Cara yang Perlu Dilakukan Saat MicroSD Rusak : Pamungkas

Jika langkah-langkah diatas tidak berhasil memperbaiki kerusakan memori microSD Anda, tentu saja cara terakhir yang perlu dilakukan adalah menggunakan jurus pamungkas, yakni dengan membeli microSD baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *